© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PRESTASI TERBANG TAKE OFF, CLIMB DAN LANDING PADA PESAWAT CN235-220
Penulis
NANANG KURNIAWAN
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, S.T, M.T. - Bangga Dirgantara A, S.T, M.T.,

ABSTRAK :
Pesawat udara merupakan moda transportasi berteknologi tinggi yang menggabungkan berbagai macam disiplin ilmu. Pesawat udara mampu menjangkau jarak yang jauh dalam waktu yang singkat jika dibandingkan dengan moda transportasi yang lainnya. Take off, climb dan landing merupakan fase-fase kritis pada pesawat. Banyak faktor yang berpengaruh seperti, kecepatan yang dibutuhkan, cuaca, weight, density, runway, dan masih banyak faktor yang mempengaruhi lainnya. Oleh karena itu untuk menghasilkan performa take off, climb dan landing yang maksimal maka perlu dilakukan perhitungan analisis. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi suatu keadaan yang akan terjadi. Metode yang digunakan dalam skripsi adalah integral performance method atau step integration. Yaitu cara menghitung performance pesawat mulai dari nilai tertentu (brake release untuk take-off atau Vref untuk landing). Integrasi menggunakan variabel step dalam hal ini bisa waktu (dt) atau speed (dv). Variabel step awal dipakai untuk mendapatkan variabel berikutnya diakhir step menggunakan step dt atau dv. Tahap pertama adalah pengumpulan data pesawat CN235-220, data ini didapat dari data resmi unit mekanika terbang PT. Dirgantara Indonesia (IAe). Tahap kedua adalah pengolahan data mulai dari keadaan normal hingga diberikannya efek dari berat pesawat, temperatur, kecepatan angin, kemiringan landasan (runway slope), dan elevasi landasan (runway elevation). Tahap selanjutnya adalah membandingkan hasil perhitungan yang telah didapat dengan Aircraft Performance Software (ACPERS). Dari analisis yang dilakukan menggunakan software Ms. Excel 2013 didapatkan hasil take off distance yaitu 2438,44 ft dan take off time 23,24 s, climb gradient pada first segment yaitu 4,42 persen dan rate of climb yaitu 443,507, pada second segment climb gradient nya yaitu 5,24 persen dan rate of climb nya yaitu 528,192 ft/min, sedangkan pada final segment climb gradient nya yaitu 5,42 persen dan rate of climb nya yaitu 635,815 ft/min dan juga landing distance yaitu 2106,7 ft dan landing time yaitu 20,2 s. Ketika diberikan efek yang meliputi berat, temperatur ,kecepatan angin, kemiringan landasan (runway slope) dan elevasi landasan (runway elevation) maka akan mempengaruhi take off distance dan take off time, climb gradient dan rate of climb dan juga landing distance dan landing time. Kata Kunci : Prestasi Terbang, Take Off, Climb, Landing, Integral Performance Method


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : NANANG KURNIAWAN
NIM : 11050021
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024