ABSTRAK :
Holding adalah manouver yang telah ditetapkan untuk menahan suatu pesawat di ruang udara tertentu untuk menunggu instruksi lebih lanjut dari petugas pengatur lalu lintas udara yaitu Air Traffic Control (ATC). Analisis holding time ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya holding di d an bagaimana cara mengurangi holding di bandar udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.
Metode yang digunakan untuk menganalisa faktor-faktor penyebab terjadinya holding di bandar udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta adalah dengan menghitung jumlah alat komunikasi di unit Air Traffic Control (ATC) yang mengalami penurunan, menganalisa kinerja dan jadwal dinas anggota pelayanan lalu lintas udara yang bertugas di tower dengan membandingkan jumlah pesawat yang dilayani dalam setiap harinya, kemudian mengevaluasi kinerja apron, taxiway dan runway dengan jumlah pergerakan pesawat yang tidak dapat dilayani yaitu pesawat yang Cancel dan delay, dan menghitung jumlah rata-rata pelayanan ground handling setiap pesawat.
Dari hasil analisa yang dilakukan penyebab terjadinya holding di bandar udara Internasioanal Adisutjipto Yogyakarta di pengaruhi oleh kondisi peralatan di unit Air Traffic Control yang mengalami penurunan sebanyak 4 komponen, kekurangan kapasitas apron dimana apron tersebut yang tidak mampu menampung 14 pesawat pada jam-jam sibuk, penanganan kegiatan ground handling yang tidak on time yang menyebabkan kepadatan di apron, Jumlah anggota dinas pagi dan siang yang tidak seimbang dengan jumlah pesawat yang harus dilayani dalam dinas pagi menyebabkan tingkat kelelahan, kebosanan, dan mengganggu kosentrasi petugas yang dinas pagi sehngga dalam mengatur lalu lintas tidak maksimal.
Kata Kunci : Banyaknya pesawat holding, Kinerja petugas Air Traffic Control(ATC).
|