ABSTRAK :
Dalam dunia penerbangan, cuaca sangat besar pengaruhnya. Cuaca yang
tidak baik bisa mengganggu keselamatan penerbangan, selain itu cuaca buruk juga
bisa mengganggu jadwal penerbangan. Oleh karena itu diperlukan suatu alat
untuk mendeteksi dan memperkirakan cuaca. Seiring dengan perkembangan zaman
kebutuhan informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan dalam rangka
menunjang kinerja diberbagai bidang. Salah satunya adalah informasi tentang
cuaca yang meliputi suhu, tekanan udara dan kelembaban.
Sejak pesawat terbang mulai beroperasi di atmosfer bumi dan karakteristik
lift dan dragnya tergantung dari sifat atmosfer, densitas, dan viskositasnya, maka
penting untuk mengetahui sifat-sifat atmosfer tersebut. Densitas dan viskositas
adalah fungsi dari ketinggian. Lebih tepatnya, densitas (r) bervariasi sesuai
tekanan (P) dan suhu (T). sedangkan viskositas (m) bervariasi sesuai suhu (T) saja.
Saat kondisi meteorologi bervariasi secara konstan, kondisi tersebut bukan lagi
atmosfer normal (steady-state atmosfer), tetapi untuk menentukan kondisi yang
bisa mewakili sudah ditemukan atmosfer standar.
Upaya penyusunan tugas akhir ini diarahkan pada pemecahan masalah
yaitu untuk mengetahui perbedaan tekanan variasi berdasarkan ketinggian dan
waktu tertentu. dan dapat menganalisa hasil pengujian sehingga bisa menambah
pengetahuan. Untuk mempermudah dalam perhitungan digunakan software
Microsoft Excel 2007.
Kata kunci : Tekanan, Suhu, Standar Atmosfer, Koreksi
|