ABSTRAK :
Pada penelitian ini akan dilakukan pensimulasian aliran udara pada nozzle
engine GE F110 pesawat F-14 Tomcat. Karena proses yang terjadi pada nozzle
tidak dapat dilihat secara kasat-mata, maka perlu dilihat simulasi aliran udara
yang terjadi pada nozzle engine GE F110 pesawat F-14 Tomcat agar dapat
melihat karakteristik dan kinerja dari nozzle tersebut. Dalam mensimulasikan
aliran udara digunakan perangkat lunak fluent yang memang dibuat untuk
mensimulasikan aliran udara agar terlihat karakteristik dari aliran udara tersebut.
Untuk dapat mencapai tujuan ini nozzle dibuat dalam bentuk dua dimensi
dan akan disimulasikan aliran udara yang terjadi di dalam nozzle engine GE F110
menggunakan software fluent. Untuk menentukan terjadinya penambahan
kecepatan pada nozzle tersebut dibuat enam variasi luasan nozzle.
Berdasarkan hasil analisis yang telah diperoleh pada simulasi perhitungan
kecepatan dan temperatur aliran udara di dalam nozzle engine GE-F110 akibat
variasi luasan nozzle dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik aliran udara
yang terjadi di dalam nozzle engine GE-F110 seperti terlihat pada Gambar 4.100,
4.107, 4.115. Dimana dapat dilihat bahwa terjadi penambahan kecepatan pada
aliran udara yang terjadi di dalam nozzle. Hasil kecepatan yang paling kecil dari
ketujuh model nozzle adalah nozzle Engine GE-F110, sedangkan penambahan
kecepatan terbesar dari ketujuh model nozzle adalah pada variasi luasan nozzle V
dan VI. Untuk perbandingan temperatur pada ketujuh nozzle berdasarkan hasil
simulasi terlihat bahwa tidak terjadi kenaikan temperatur pada setiap nozzle. Dari
hasil yang telah diperoleh dapat dibuktikan bahwa dengan menggunakan software
fluent dapat menghitung jauh lebih akurat dibandingkan dengan manual, ini
dikarenakan dengan software fluent kita dapat melihat kecepatan pada bagianbagian
tertentu yang tidak dapat dihitung secara manual.
Kata Kunci : Aliran udara, Kecepatan udara, Temperatur, fluent.
|