© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Pemodelan Sistem Retractable Landing Gear Pesawat Model MF-1 Menggunakan Software CATIA P3 V5R16 & Pembuatan Serta Analisis Kinematiknya
Penulis
MARIA FATIMA SENE
Pembimbing : Moh. Ardi Cahyono, ST, MT - Moh. Ardi Cahyono, ST, MT

ABSTRAK :
Retractable landing gear merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi dunia penerbangan. Pengetahuan tentang sistem retractable landing gear ini sangatlah penting sehingga perlu adanya alat peraga yang dapat membantu untuk lebih memahami cara kerja sistem retractable landing gear ini. Selain itu dapat pula diketahui cara menentukan dimensi aktuator yang diperlukan untuk dapat menggerakkan landing gear tersebut, kemudian cara pemodelan sistem retractable landing gear dan analisis kinematik dengan menggunakan software CATIA P3 V5R16. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan persamaan gaya, moment dan torque sehingga diperoleh besar gaya yang bekerja pada aktuator untuk dapat mengangkat landing gear pesawat model MF-1. Selanjutnya, persamaan kecepatan linear, kecepatan sudut, percepatan linear dan percepatan sudut digunakan untuk analisis kinematiknya. Dari analisis diperoleh gaya yang diperlukan pada aktuator dan motor actuator untuk menggerakkan landing gear pesawat model MF-1 adalah sebesar 1302,9448 N. Untuk analisis kinematik, terdapat selisih hasil perhitungan kecepatan dan percepatan antara perhitungan pada CATIA dan kalkulasi manual seperti, kecepatan linear di titik A saat t = 3 detik adalah 5,88 x 10-5 m/s; kecepatan angular = 4,4 x 10-6 turn/min dan tetap konstan selama simulasi berlangsung; kecepatan linear di titik C saat t = 3 detik =1,184 x 10-4 m/s; saat t = 6 detik, C = 4,408 x 10-4 m/s; t = 9 detik, C = 2,221 x 10-4 m/s; kecepatan angular saat t = 3 detik, C = 0,0800497 turn/min; t = 6 detik, C = 8,358 x 10-4 turn/min; t = 9 detik, C = 0,0365497 turn/min. Kecepatan linear di titik E saat t = 3 detik adalah 2,0625 x 10-3 m/s; t = 6 detik, E = 5,215 x 10-4 m/s; t = 9 detik, E = 1,2593 x 10-3 m/s. Sedangkan kecepatan angular di titik E saat t = 3 detik adalah 0,0460151 turn/min; t = 6 detik, E = 0,0116336 turn/min; t = 9 detik, E = 0,0280957 turn/min. Dengan demikian disimpulkan bahwa semakin besar gaya yang bekerja pada landing gear, maka semakin besar pula gaya yang dibutuhkan pada aktuator untuk menggerakan landing gear tersebut. Hasil analisis kinematik pada software CATIA dapat dibandingkan dengan analisis manual dimana selisih hasilnya sangat kecil. (kata kunci : CATIA, kinematik, landing gear, retractable)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MARIA FATIMA SENE
NIM : 05050029
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024