© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN “THEORY OF REASONED ACTION” TERHADAP PELAYANAN JASA PENERBANGAN ( STUDI KASUS MERPATI NUSANTARA AIRLINES YOGYAKARTA)
Penulis
MUHAMMAD YUNUS ALIM BATUBARA
Pembimbing : Gunawan,ST.MT - Karseno KS, INZ, SE, MM

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen terhadap pelayanan jasa, norma subyektif dan kosekuensi yang dirasakan baik secara bersama maupun secara sendiri terhadap pelayanan jasa penerbangan Merpati. Manfaat penelitian ini, dapat memberi masukan kepada perusahaan tentang pengaruh sikap konsumen, norma subyektif dan konsekuensi yang dirasakan terhadap pelayanan jasa penerbangan Merpati, sehingga dapat dipergunakan dalam pengambilan keputusan atau dasar penyusunan kebijakan perusahaan dan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi penelitian selanjutnya. Metode penelitian ini berdasarkan Theory Of Reasoned Action. Pengumpulan data dilakukan melalui sebuah penelitian, Studi literature, Metode wawancara, Kuesioner, Metode penambilan sampel. Penelitian ini mengambil sampelnya adalah orang yang pernah menggunakan jasa penerbangan Merpati Nusantara Airlines dan responden yang diambil sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan analisis regresi linear berganda, Uji t, Uji F, R2. Berdasarkan interval penilaian sikap tersebut, maka hasil penelitian sikap konsumen tentang PT. Merpati Nusantara Airline sebesar 13,62 masuk pada interval 12,52 ≤ x ≤ 15,46, berarti sikap konsumen positif tentang PT. Merpati Nusantara Airline.Berdasarkan interval penilaian tersebut, maka hasil penelitian nilai norma subjektif konsumen tentang PT. Merpati Nusantara Airline sebesar 14,55 masuk pada interval 12,91 ≤ x ≤ 15,94, berarti sikap konsumen positif tentang PT. Merpati Nusantara Airline.Dari olah data primer yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 15.0 diketahui besarnya R Square (karena terdapat satu variabel bebas) sebesar 0,573. Hal ini berarti 57,3% variabel dependen yaitu variansi kualitas pelayanan (Y) di PT. Merpati Nusantara Airline dapat dijelaskan oleh variabel sikap konsumen (X). Sedangkan sisanya (100% - 57,3% = 42,7%) dijelaskan variansinya oleh variabel lain. Atau dengan kata lain 57,3% sumbangan pengaruh variabel independen yaitu sikap konsumen (X) terhadap variabel dependen yaitu kualitas pelayanan (Y). Kata kunci : Theory Of Reasoned Action, R Square, Koefisien regresi, SPSS


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD YUNUS ALIM BATUBARA
NIM : 05050065
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024