ABSTRAK :
Peranan antena VHF sangat penting pada pesawat yang berfungsi sebagai alat komunikasi penerbangan. Karena sifat pesawat terbang yang dinamis selalu bergerak maka ketahanan antena maupun struktur pendukungnya harus benar-benar kuat dan harus mampu beroperasi pada kondisi yang sangat berbeda selama sekian ribu jam terbang, maka perlu dilakukan analisa untuk mengantisipasi kegagalan yang terjadi pada struktur tersebut dan memastikan bahwa struktur tersebut aman dan mampu bertahan ketika mendapatkan pembebanan.
Salah satu software untuk mengetahui kekuatan suatu struktur adalah MSC Patran/Nastran. Software ini berbasis finite element method untuk menyelesaikan permasalahan struktur, komponen ataupun konstruksi yang sederhana sampai bentuk yang kompleks. Dari software ini dapat diketahui tegangan dan daerah kritis suatu struktur ketika mendapat suatu pembebanan, sehingga dari ketegangan maksimum tersebut dapat digunakan untuk menentukan margin of safety (batas keamanan) dari struktur yang dianalisis.
Dari analisis tegangan struktur pendukung antena VHF pesawat CN235-110 KCG menggunakan MSC Patran/Nastran diperoleh hasil tegangan maksimum terbesar adalah 33,5 daN/mm2 dengan margin of safety 0,32 yang berarti struktur tersebut aman ketika mendapatkan critical load. Maximum stress terjadi ketika part support tersebut mengalami pembebanan sideward karena handling load.
(kata kunci : finite element method, maximum stress, margin of safety)
|