ABSTRAK :
Penulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi fasilitas yang ada di
terminal penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta,
menganalisis kualitas pelayanan pada terminal dan meningkatkan pelayanan
kinerja perusahaan khususnya mengenai terminal penumpang Di Bandar Udara
Internasional Adi Soemarmo Surakarta.
Evaluasi kondisi fasilitas dilakukan dengan cara melakukan pengujian
statistik pada fasilitas-fasilitas di terminal penumpang Di Bandar Udara
Internasional Adi Soemarmo Surakarta, sedangkan untuk menganalisis kualitas
pelayanan dilakukan dengan cara membagikan lembar kuesioner kepada
penumpang, lalu mengolahnya dengan cara menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Sedangkan perhitungan untuk suhu ruang terminal, waktu pelayanan,
waktu tunggu pelayanan check-in, waktu penyerahan bagasi,kapasitas luas
terminal, ketersediaan jumlah troullie bertujuan untuk mengetahui kinerja
pelayanan pada Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta.
Dari hasil evaluasi kondisi fasilitas pada terminal penumpang Bandar Udara
Internasional Adi Soemarmo Surakarta diperoleh bahwa pelayanan terminal
penumpang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah dibuktikan
dengan perhitungan uji validitas, reliabilitas dan uji keseragaman, kecukupan
data.
Kata Kunci : Pelayanan, Terminal Penumpang, Mendukung Penerbangan.
|