ABSTRAK :
Landing Gear merupakan salah satu komponen penting dalam struktur
pesawat dimana fungsinya menahan Landing Loads dan Ground-Handling Load.
Maka dari itu, Landing Gear harus mempunyai struktur yang kuat dan
diharapkan tidak terjadi kegagalan akibat struktur yang tidak kuat. Pada
perancangan Landing gear sebelumnya terjadi kegagalan struktur, oleh karena
itu dibuatlah rancang ulang yang bertujuan menghasilkan perancangan dengan
kekuatan struktur yang lebih baik. Pemodelan dan analisis menggunakan
software CATIA V5R21, yaitu menggunakan Workbench Part Design, Assembly
Design, dan Generative Structural Analysis. Analisis akan dilakukan secara 3D
dengan material Alumunium 2024.
Pada rancang ulang landing gear didapatkan dimensi main landing gear
(panjang 420 mm, lebar 50 mm, tebal 5 mm, tinggi 160 mm) dan nose landing
gear (lebar 50 mm, tebal 5 mm, tinggi 170 mm), penempatan letak landing gear
dan pembebanan yang digunakan untuk analisis 6 kasus (statik maksimum,
emergency landing, take off run, taxi, one gear landing, two point level landing)
untuk main landing gear dan 4 kasus untuk nose landing gear (statik maksimum,
emergency landing, take off run, taxi).
Berdasarkan hasil analisis menggunakan sofware CATIA didapatkan nilai
tegangan terbesar pada kasus emergency landing untuk nose landing gear
sebesar 4.07x 10 pangkat 7 N dengan nilai margin of safety sebesar 6.985 dan untuk main
landing gear pada kasus one gear landing tegangan terbesar1.27x 10 pangkat 7 N dengan
nilai margin of safety sebesar 24.59. Dari analisis didapatkan hasil bahwa
seluruh struktur model landing gear ini aman karena semua nilai margin of safety
>0 dan lebih besar 2x lipat dari perancangan sebelumnya.
Kata kunci : Landing Gear, rancang ulang, margin of safety.
|