© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA AERODINAMIKA PESAWAT MODEL UAV GLIDER ELECTRIC ENGINE BRUSHLESS KV1600 DENGAN MENGGUNAKAN FLUENT
Penulis
FATKHUR ROKHMAN
Pembimbing : M. Ardi Cahyono, ST. MT - Sri Mulyani, ST.

ABSTRAK :
Pesawat UAV sebenarnya merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh, yang biasa pengoperasiannya pada daerah yang berbahaya bagi manusia, daerah yang terkena bencana alam (misal. gunung berapi yang tengah aktif), daerah kebakaran hutan, daerah yang terkena kebocoran radiasi nuklir atau bahan kimia beracun, dan lain-lain. Kaitannya dengan performa terbang maka aerodinamika pesawatpun dikaji, khususnya pada sayap merupakan komponen utama yang akan menanggung beban pesawat tersebut, yaitu perlunya penghitungan nilai-nilai koefisien pada sayap seperti menentukan besar koefisien lift dan koefisien drag yang berhubungan dengan kondisi stall pesawat.Untuk melihat aliran fluida yang terjadi pada sayap maka penulis melakukan pengujian secara komputasional dengan software Fluent. Dari komputasi didapatkan nilai-nilai cl dan cd sayap yang disimulasikan pada model-model uji di tiap kenaikan angle of attack hingga mengalami stall. Dari hasil analisa ini digunakan untuk mencari sudut pemasangan sayap yang efektif yaitu adalah pada sudut 1° dimana pada sudut ini didapatkan nilai koefisien drag (cd) yang terkecil yaitu 0,0140 dengan nilai koefisien lift (cl ) sebesar 0,1638 dan terjadi stall pada sudut 11°. Adapun aliran udara dan kontur (keceptan dan distribusi tekanan) yang terjadi dapat ditampilkan pada fluent ini. Kata kunci : airfoil,3D wing, fluent,gambit, aerodinamika,glider, UAV


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FATKHUR ROKHMAN
NIM : 05050097
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024