ABSTRAK :
“StudyEeksperimental Performa Combustion Chamber” ini bertujuan untuk
melihat secara langsung proses pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar
dan untuk mengetahui performa dari combustion chamber. Melului perhitungan
temperature dengan dengan beberapa variable perbandingan antara udara dan
bahan bakar (air-fuel ratio) maka akan terlihat tingakt efisiensi dari masingmasing
percobaan
Beberapa modifikasi kecil akan dilakukan agar combustion chamber yang
digunakan sebagai obyek penelitian dapat berfungsi sebagaimana yang
diinginkan. Modifikasi tersebut antara lain adalah penggunaan electric blower
sebagai pengganti compressor untuk menyuplai udara masuk ke ruang bakar
(combustion chamber), memodifikasi dudukan ruang bakar sebagai conector
blower dan juga sebagai tempat pemasangan fuel nozzle, penggunaan fuel tank
secara terpisah dari rangkaian ruang bakar tersebut.
Grafik dari hasil perhitungan study eksperimen menunjukkan bahwa
efiesiensi tertinggi akan didapatkan pada saat aliran udara diberikan sebanyak
75 % dari total udara yang bisa dihasilkan oleh blower, sedangkan temperatur
tertinggi yang bisa didapatkan adalah 1302 oC. Temperatur ini bukanlah
temperatur tertinggi yang bisa dicapai namun karena keterbatasan alat ukur
maka temperatur pada full throttle dengan membuka 100% aliran udara tidak
memungkinkan untuk diukur karena keterbatasan alat ukur.
(kata kunci : ruang bakar, study eksperimental, pressure engine, Goblin, efisiensi,
combustion chamber, performance, fuel nozzle, jet engine temperatur )
|