ABSTRAK :
Dalam rangkaian tahap perancangan awal pesawat ada suatu proses yang penting yaitu pemilihan tipe roda pendarat yang akan digunakan. Tipe roda pendarat ini harus sesuai dengan karakter pesawat yang dirancang. Roda pendarat berfungsi untuk menahan beban yang diterima oleh pesawat pada saat di ground, take off, dan landing. Perancangan roda pendarat merupakan masalah kritis, karena harus diletakkan ditempat yang tepat.
Dalam proses perancangan awal landing gear ada hal-hal pokok yang harus diperhatikan yaitu panjang dan letak mean aerodynamic chord, letak center of grafity pesawat, perhitungan lokasi landing gear, perhitungan beban statis pesawat, pemilihan tipe ban, dan perhitungan dimensi shock absorber.
Untuk pesawat transport kelas menengah sekelas CN-235 berdasarkan hasil perancangan awal maka didapatkan kesimpulan yaitu pesawat menggunakan tricycle landing gear, dengan wheel base 6,20 meter, sudut turn-over sebesar 52,997 derajat, Tire menggunakan Michelin, Pada nose landing gear menggunakan tire dengan tipe VII size 22 x 7,75 -10, Pada main landing gear menggunakan tire dengan tipe VII size 26,5 x 8 -13, dan shock absorber menggunakan single acting oleo pneumatic shock absorber.
Kata kunci : Perancangan awal, Landing gear, Pesawat transport kelas menengah, CN-235.
|