ABSTRAK :
Brake pad merupakan satu rangkaian dari system pengeraman pada pesawat terbang
yang berfungsi sebagai kanvas rem pada pesawat. Brake pad dari segi material memerlukan
sifat – sifat yang cukup komplek yaitu harus tahan panas, tahan aus, dan memiliki ketahanan
terhadap gesekan yang tinggi sehingga merupakan suatu tantangan untuk diteliti. Dengan
adanya proses carburizing pada material baja karbon rendah diharapkan dapat digunakan
sebagai upaya bahan alternatif pengganti serta perbaikan kualitas material umur pakai brake
pad pada pesawat KT-1B. Carburizing yaitu proses pemberian atau penambahan kandungan
karbon yang lebih banyak pada bagian permukaan dibanding dengan dinding bagian dalam,
sehingga kekerasan permukaannya lebih meningkat dan tahan aus, sedang pada bagian
dalamnya diharapkan masih memiliki keuletan/ keliatan.
Proses carburizing dilakukan dengan variasi waktu penahanan 5 jam, 8 jam dan 10
jam pada suhu 900 0C yang kemudian didinginkan pada suhu kamar berikutnya dipanaskan
lagi pada suhu 900 0C ditahan dengan lama waktu 30 menit kemudian di quenching secara
cepat dalam media air. Adapun untuk proses pengujian meliputi empat pengujian yaitu
pengujian komposisi kimia untuk mengetahui seberapa besar prosentase yang terkandung
dari spesimen yang diteliti, Pengujian struktur mikro untuk mengetahui struktur butiran yang
terjadi akibat dari perlakuan selama proses carburizing, pengujian kekerasan dengan vickers
untuk mengetahui tingkat kekerasan spesimen dan pengujian keausan dengan metode Ogoshi
yang berfungsi untuk mengetahui besar keausan spesimen. Dari hasil pengujian komposisi
jumlah kandungan unsur suatu bahan berpengaruh terhadap sifat bahan, terutama unsur
silikon dan krom mempengaruhi sifat bahan seperti kekerasan dan keausan.
Dampak dari perlakuan panas dan pendinginan dari benda kerja setelah benda kerja
tersebut dicarburizing dan telah didinginkan terjadi fasa martensite dan ferrite. Hasil
pengujian kekerasan pada brake pad diketahui hasil rata – rata kekerasannya sebesar
320,213 Kgf/mm2, raw material 180,235 Kgf/mm2. Nilai kekerasan dari bahan spesimen
proses carburizing untuk waktu tahan 5 jam nilai rata rata kekerasan 236,083 Kgf/mm2,
waktu tahan 8 jam nilai rata – rata kekerasan 274,522 Kgf/mm2, dan waktu tahan selama 10
jam mendapatkan nilai rata – rata kekerasan 310,19 Kgf/mm2. Spesimen dengan waktu tahan
10 jam merupakan hasil dari nilai rata – rata kekersan tertinggi jika di bandingkan dengan
nilai kekerasan pada spesimen dengan waktu tahan 5 jam dan 8 jam yaitu 310,19 Kgf/mm2
dan hasilnya mendekati nilai kekersan spesimen brake pad sebesar 320,213 Kgf/mm2,
terdapat beda selisih 10,023 Kgf/mm2. Jadi hasil pengujian kekerasan dari proses
carburizing dengan nilai variasi waktu penahanan 5 jam, 8 jam dan 10 jam. Lamanya waktu
penahanan saat proses carburizing mengakibatkan meningkatnya kadar karbon yang
terserap dalam bahan tersebut sehingga memepengaruhi tingkat kekerasannya. Pada
pengujian keausan nilai laju keausan tertinggi terjadi pada waktu tahan 5 jam yaitu 20,1021
x 10-8 mm2/kg, dengan penambahan waktu tahan menjadi 8 jam nilai laju keausan menurun
yaitu sebesar 16,475 x 10-8 mm2/kg. waktu tahan 10 jam yaitu 14,2898 x 10-8 mm2/kg dan
merupakan nilai laju keausan terendah, Nilai laju keausan semakin rendah seiring dengan
lamanya proses carburizing berlangsung karena semakin lama waktu penahanan maka
kekerasan akan meningkat segingga laju keausan menurun.
Kata kunnci : Brake Pad, Baja, Carburizing, Quenching, Pengujian Logam
|